IBADAH

BERBAGI BERITA IBADAH

DISAAT KITA TERTIDUR, DIMANA RUH KITA??? INI PENJELASANNYA.

Salah satu kegiatan yg menciptakan tubuh dapat beristirahat yaitu dgn lakukan tidur. Ya, tidur benar-benar kegiatan yg dibutuhkan oleh tiap-tiap orang. Disaat tidur, kita tak ingat sedang dalam keadaan tengkurap ataukah telentang. Tidak heran kalau tidak sedikit yg menyatakan tidur juga sebagai sebuah kematian yg sementara. Apabila memang lah seperti itu, lantas kemanakah ruh seseorang manusia dikala tertidur? 

Dengan Cara ilmiah, penelitian pada fenomena alamiah dalam diri manusia ini cukup sulit dilakukan mengingat ruh adalah jiwa yg cuma manusia tersebutlah yg merasakan & ruh pun termasuk juga benda yg tak berbentuk & tak mampu dipandang oleh manusia. 

Akan tetapi Al Quran sudah memberikan penjelasan mengenai tidur yg dialami oleh tiap-tiap makhluk hidup. 

“Allah memegang jiwa (orang) waktu matinya & (memegang) jiwa (orang) yg belum mati di saat tidurnya. Sehingga Dia tahan jiwa (orang) yg sudah Dia tetapkan kematiannya & Dia melepskan jiwa yg lain hingga kala yg ditentukan. Sesungguhnya terhadap yg begitu itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yg berpikir.” (QS Az Zumar 42) 
Sementara dalam ayat lain, Allah berfirman : 

“Dan Dialah yg menidurkan anda di tengah malam hri & Dia mengetahui apa yg anda kerjakan pada siang hri, setelah itu Dia membangunkan kamu terhadap siang hri utk disempurnakan usia (mu) yg sudah ditentukan, selanjutnya terhadap Allah-lah kamu kembali. Lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yg dulu anda kerjakan. & Dialah yg memiliki kekuasaan paling atas diatas seluruhnya HambaNya & DiutusNya kepadamu malaikat-malaikat penjaga maka kalau datang kematian pada salah seseorang di antara kamu, ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami & malaikat-malaikat Kami itu tak melalaikan kewajibannya.” (QS Al An’am 60-61) 

Dua ayat di atas sudah bersama terang menyebut bahwa nasib roh kala tidur ada dalam kekuasaan Allah & tak bergentayangan seperti anggapan sekian banyak masyarakat. Terkecuali itu Allah pula mempunyai wewenang memasukkan kembali roh tersebut ke dalam jasad manusia pas dgn usia yg sudah DitentukanNya. Maka amat sangat salah kalau ada yg punya anggapan bahwa roh tak bakal masuk ke badan manusia bila wajah manusia tersebut dicoret-coret diwaktu tidurnya. 

Adapun adab atau sunah kala hendak tidur sudah disabdakan oleh Rasulullah dalam hadistnya. 
“Apabila salah seorang di antara kalian bangun dari tempat tidurnya, selanjutnya kembali lagi, hendaklah beliau mengibas-ngibaskan kainnya banyaknya tiga kali (sebelum tidur terhadap tempat tidurnya). Sesungguhnya dia tak mengetahui apa yg berlangsung diwaktu ia meninggalkannya. & bila berbaring, hendaklah dirinya membaca : ‘Dengan menyebutkan NamaMu Ya Allah, Rabb ku, saya meletakkan lambungku (tidur) & DenganMu serta saya mengangkatnya (bangun). Jika engkau menahan diriku (mati), sayangilah aku. Namun dapat Engkau melepaskannya (hidup), peliharalah ia layaknya Engkau sudah pelihara dengannya Hamba-hambaMu yg shalih.” 

Menonton keterangan tersebut telah sepantasnya bagi kita utk mempersiapkan tidur sebab sanggup menjadi ruh kita tak bakal kembali lagi lantaran sudah tepat bersama ajal atau kita serta tak tahu mara bahaya yg datang. Karenanya berwudhulah & bacalah beragam doa supaya Allah menyelamatkan kita dari bermacam macam mara bahaya tersebut.

Share this article :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "DISAAT KITA TERTIDUR, DIMANA RUH KITA??? INI PENJELASANNYA."

Ruh manusia berjumlah 9..tp yg disebut nyawa adalah cuma satu dari 9 ruh tersebut yaitu ruh idhofi, dan ketika kita tidur yg keluar adalah ruh rewan/rouwan yg bersemayam disekitar mata, ketika roh rewan ini keluar maka tertidurlah kita..akan tetapi ruh idhofi kita masih tinggal didalam jasad, karna ketika roh idhofi keluar maka kematian namanya dan tidak akan kembali kejasad kita lagi..