IBADAH

BERBAGI BERITA IBADAH

PERANG BESAR...!!! INILAH 4 NEGERI YANG DISARANKAN RASULALLAH SAW UNTUK DITEMPATI WAKTU AKHIR ZAMAN


Akhir jaman adalah saat yang mendekati terjadinya hari kiamat. Berita mengenai terjadinya hari kiamat telah tercatat dalam Alquran serta hadist. Hampir sinyal tanda yang diterangkan itu telah berlangsung. 

Bahkan juga, dapat diambil kesimpulan kalau kita tengah menunggu datangnya sinyal kiamat besar. Mendekati terjadinya kiamat besar, jadi akan berlangsung malapetaka serta huru hara yang bakal menempa manusia terutama umat Islam. 


Dajjal laknatullah bakal menyebar fitnahnya ke beragam penjuru bumi. Rasulullah SAW juga menyarankan empat negeri ini untuk ditempati. Pasalnya, negeri ini demikian diberkahi oleh Allah SWT. Tersebut negeri yang disarankan Rasulullah ditempati pada akhir jaman. 


Mekah dan Madinah 

Mekah jadi satu diantara negeri yang disarankan Nabi untuk ditempati. Pasalnya kota suci Umat Islam ini bakal terlepas dari fitnah Dajjal yang kejam. Berdasar pada hadist Nabi Muhammad SAW, Allah SWT menjamin bahwa ini bakal dijaga oleh malaikat dari fitnah Dajjal. 

“Tiada satu negeri pun melainkan bakal diinjak oleh Dajjal, terkecuali cuma Makkah serta Madinah yg tidak. Tidak ada satu lorong juga dari lorong-lorong Makkah serta Madinah itu, tetapi di situ ada beberapa malaikat yang berbaris rapat untuk melindunginya. Lalu Dajjal itu turun lah di satu tanah yang berpasir (diluar Madinah) lantas kota Madinah bergoncanglah sebanyak tiga goncangan serta dari goncangan-goncangan itu Allah bakal keluarkan tiap-tiap orang kafir serta munafik (dari Makkah – Madinah) . ” (Riwayat Muslim). 

Yaman 

Allah juga melebihkan negeri Yaman di banding negeri-negeri yang lain sesudah Mekah serta Madinah. Negeri Yaman ini memperoleh julukan dari Allah SWT dengan sebutan baldatun thayyibatun wa Rabbun ghafur (Negeri yang aman, serta selalu memperoleh ampunan Rabb-nya). Selain itu, Nabi Muhammad juga mereferensikan negeri ini ditempati diakhir jaman. 

Pada akhir jaman kelak, umat Islam selanjutnya bakal jadi pasukan perang. Hal semacam ini telah disabdakan Nabi Muhammad SAW. Dari Abdullah bin Hawalah mengatakan, ” Nabi shallallahu’alaihi wasallam bersabda, 


“Pada akhirnya umat Islam bakal jadi pasukan perang, satu pasukan di Syam, satu pasukan di Yaman, serta satu pasukan lagi di Iraq. Sebaiknya kalian pilih Syam. Lantaran ia yaitu negeri pilihan Allah. Allah kumpulkan disana hamba-hamba pilihan-Nya. Bila tidak bisa, sebaiknya kalian pilih Yaman serta berilah minum (hewan kalian) dari kolam-kolam (di lembahnya). Dikarenakan Allah menanggung untukku negeri Syam dan penduduknya. ” (HR. Abu Dawud, Imam Ahmad, Al-Hakim, serta Ibnu Hibban. Dinilai shohih oleh Al-Hakim serta Al-Albani). 

Dari Abu Hurairah – radhiyallahu ‘anhu – dari Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam beliau bersabda : “Penduduk Yaman sudah datang pada kalian, mereka yaitu beberapa orang yang paling luluh hati, serta paling lembut hati, keimanan ada di Yaman serta hikmah ada di Yaman. (HR : Bukhari – Muslim). 

Dari sahabat Tsauban berkata, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam telah bersabda,  

“Sesungguhnya nantinya aku akan ada di samping telagaku. Lalu Aku akan menghalangi orang-orang yang akan meminum dari telagaku, supaya masyarakat Yaman bisa meminumnya terlebih dulu. Aku memukul dengan tongkatku, hingga air telaga itu mengalir buat mereka. ” (HR. Muslim) 

Dari Ibnu Umar beliau mengatakan Nabi shallallahu Alaihi Wasallam pernah berdoa : “Ya Allah berkatilah kami pada Syam serta pada Yaman. (HR : Bukhari) 

Lalu adakah doa yang lebih mustajab di banding Doa Nabi? 

Nabi Muhammad SAW bahkan juga pernah memberikan pujian pada kota ini dalam sabdanya, “Sesungguhnya aku betul-betul mencium harumnya karunia Tuhan yang Maha Pemurah dari Yaman. Berapakah banyak mata air kemurahan serta hikmah yang terpancar dari sana. ” 


Allah SWT juga berfirman dalam Alquran QS. Al-Maidah 54 yang artinya : 

“Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa diantara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan satu golongan yang Allah menyukai mereka serta merekapun mencintai-Nya, yang berlaku lemah lembut pada orang yang mu’min, yang berlaku keras pada beberapa orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, serta yg tidak takut pada celaan orang yang sukai mencemooh. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya pada siapa yang diinginkan-Nya, serta Allah Maha Luas pemberian-Nya lagi Maha Mengetahui” (QS. Al-Maidah 54) 

Pendapat dari pakar tafsir beberapa menyebutkan kalau golongan yang dijelaskan diatas yaitu golongan Anshor. Tetapi, pendapat yang lebih kuat tentang jati diri golongan yang disinggung dalam ayat diatas ; seperti diterangkan oleh Imam al Qurtubi dalam tafsirnya, yaitu masyarakat negeri Yaman ; kaumnya sahabat Abu Musa al Asy-‘asy’ari radhiyallahu’anhu. 

“Turunnya ayat ini ; jelas Imam Al Qurtubi, sehubungan dengan kabilah yang bernama al Asy-‘ari. Dalam kisah dijelaskan : sesudah ayat ini turun, sebagian rombongan kapal dari kabilah al Asy-‘ari serta kabilah-kabilah yang lain dari negeri Yaman, datang lewat jalur laut. Mereka yaitu golongan muslimin yang tertindas di negerinya pada saat Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam masihlah hidup. Merekalah yang berjasa dalam penaklukan negeri Irak (lewat perang Al Qodisiyyah) pada saat kekhilafahan Umar radhiyallahu’anhu. ” 

Syam 

Negeri syam juga jadi satu diantara negeri yang disebut-sebut Rasullullah serta memperoleh keberkahan dari Allah. Negeri ini selalu dijaga malaikat hingga baik ditempati pada akhir jaman kelak. 

“Beruntunglah negeri Syam. Sahabat ajukan pertanyaan : kenapa? Jawab Nabi saw : Malaikat rahmat mengembangkan sayapnya diatas negeri Syam. ” (HR. Imam Ahmad) 

Diterangkan Nabi kalau Syam adalah pusat negeri Islam diakhir jaman. Nanti disinilah bakal jadi tempat huru-hara serta peperangan dahsyat. 

“Pada pada akhirnya umat Islam bakal jadi pasukan perang : satu pasukan di Syam, satu pasukan di Yaman, serta satu pasukan lagi di Iraq. Ibnu Hawalah ajukan pertanyaan : Wahai Rasulullah, pilihkan untukku bila saya merasakannya. Nabi saw : Sebaiknya kalian pilih Syam, lantaran ia yaitu negeri pilihan Allah, yang Allah kumpulkan disana hamba-hamba pilihan-Nya, bila tidak dapat sebaiknya kalian pilih Yaman serta berilah minum (hewan kalian) dari kolam-kolam (di lembahnya), lantaran Allah menjamin untukku negeri Syam serta penduduknya. ” (HR. Imam Ahmad) 

“Al-Masih Dajjal akan tiba dari arah timur, ia menuju Madinah, sampai ada dibalik Uhud, ia disambut oleh malaikat, maka malaikat membelokkan arahnya ke Syam, disana ia dibinasakan, disana dibinasakan. ” (HR. Imam Ahmad). 


Sekarang ini Negeri Syam mengacu ke beberapa tempat di Timur Tengah seperti Lebanon, Palestina Serta Suriah. Terimakasih telah membaca artikel ini. Ilmu dan pengetahuan sempurna datangnya dari Allah SWT. Mudah-mudahan pembaca sudi menambahkan bila ada kekurangan 

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "PERANG BESAR...!!! INILAH 4 NEGERI YANG DISARANKAN RASULALLAH SAW UNTUK DITEMPATI WAKTU AKHIR ZAMAN"